NASKAH PIDATO MEMPERINGATI HARI KEBANGKITAN NASIONAL

Para hadirin, sebangsa dan setanah air.

Hari ini tepat tanggal 20 Mei, kita peringati Hari Kebangkitan Nasional bangsa Indonesia. Hari yang bersejarah munculnya kesadaran bangsa Indonesia untuk berjuang melalui organisasi baik organisasi sosial maupun organisasi politik. Munculnya rasa persatuan dimulai dengan berdirinya organisasi Budi Utomo yang dipelopori oleh dr. Wahidin Sudiro Husodo dan dr. Sutomo. Organisasi pertama ini mendukung perjuangan bangsa Indonesia merebut kemerdekaan selain dengan kekuatan senjata. Akhirnya perjuangan bangsa Indonesia yang telah berabad-abad untuk mencapai kemerdekaan, terwujud dengan dikumandangkannya Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945 di Jakarta.
Kemerdekaan kini telah kita peroleh, ini jelas merupakan perjuangan pahlawan-pahlawan kita yang tak sempat menikmati hasilnya lantaran telah gugur sebagai kusuma bangsa penghias persada nusantara.

Perjuangan merebut kemerdekaan kini telah usai, namun kemerdekaan bukanlah titik akhir dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Kemerdekaan yang telah kita peroleh dengan darah para pahlawan bangsa harus kita pertahankan, harus kita isi dengan berbagai pembangunan di segala bidang, untuk mewujudkan masyarakat adil dan makmur. Oleh karena itu, kita masing-masing memiliki tanggung jawab yang sama sebagai warga negara dalam mengisi kemerdekaan sesuai dengan tugas dan kewajiban kita masing-masing. Seorang guru, memiliki tugas mulia mendidik, melatih, mengajar, dan membimbing siswa yang kelak menjadi generasi penerus bangsa. Seorang siswa, memiliki tugas dan tanggung jawab yang sama berat, yaitu belajar tekun mempersiapkan diri sebagai pemuda yang memiliki potensi dalam pembangunan.

Sifat-sifat para pahlawan pada saat sekarang ini perlu kita warisi sebagai modal melaksanakan tugas dan kewajiban sebagai warga negara. Sifat-sifat tersebut antara lain: berani membela kebenaran dan keadilan, rela berkorban untuk kepentingan masyarakat dan negara, jujur, dan mengutamakan kepentingan bangsa dan negara diatas kepentingan pribadi dan golongan. Sifat-sifat ini harus kita tanamkan sejak dini kepada semua iswa, agar kelak menjadi manusia Indonesia yang berkarakter.

Marilah kita jaga persatuan bangsa yang telah lama kita bina, dengan peningkatan kerukunan di lingkungan kita sendiri, baik di sekolah maupun kerukunan di lingkungan masyarakat. Kerukunan akan menciptakan kedamaian. Bansa kita akan dapat membangun dengan baik, jika suasana damai, tenteram tanpa adanya gejolak dalam masyarakat.


Para hadirin yang saya hormati, semoga api semangat kebangkitan Nasional mampu menjiwai semangat perjuangan kita dalam mengisi kemerdekaan yang kita cintai.

Sekian, terima kasih dan selamat berjuang !

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS